Gejala Dan Pengobatan Penyakit Tipes


Gejala Dan Pengobatan Penyakit Tipes




Penyakit Tipes atau Thypus adalah penyakit yang menular karena disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Hal ini juga dikenal sebagai penyakit enterik, atau yang biasa disebut dengan Penyakit Tipes. Penyakit Ini dengan mudah dapat menular melalui makanan yang terkontaminasi dan pasokan air dan kontak dekat dengan orang lain yang terinfeksi. Penyakit ini ditandai dengan demam yang sangat tinggi, berkeringat, dan diare. Meskipun Penyakit Tipes sangat langka di negara maju, penyakit ini masih merupakan ancaman kesehatan yang serius di Negara-Negara berkembang.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menganggap Penyakit Tipes adalah masalah yang serius di daerah endemik Seperti India, Asia Tenggara, Afrika, Amerika Tengah dan Amerika Selatan di mana ada diantara 16 dan 33 juta kasus setiap tahun yang menghasilkan lebih dari setengah juta kematian.

Penderita Tipes sering mengalami demam yang tinggi sekitar 103 atau 104 derajat (39-40 Celcius).

Tanda-tanda awal kondisi Penderita Tipes termasuk:
1. Sakit kepala
2. Nafsu makan yang buruk
3. Sakit umum dan nyeri
4. Kelesuan, kelemahan, dan kelelahan
5. Diare


PENGOBATAN PENYAKIT TIPES

1. Perawatan di Rumah

Jika Penyakit Tipes didiagnosis pada tahap awal, biasanya pada minggu pertama, suatu obat tablet antibiotik dapat diresepkan untuk Anda. Kebanyakan orang membutuhkan 7 sampai 14 hari obat antibiotik.
Beberapa bakteri Salmonella typhi telah mengembangkan resistensi terhadap satu atau lebih jenis antibiotik. Oleh karena itu, Anda mungkin diresepkan kombinasi antibiotik yang berbeda, tergantung di mana infeksi diduga berasal.
Gejala Anda harus mulai membaik dalam waktu dua sampai tiga hari dari minum antibiotik, tapi sangat penting bahwa Anda melakukan pengobatan secara tuntas sehingga gejala tersebut tidak terulang kembali.
Pastikan bahwa Anda beristirahat yang cukup, banyak minum dan makan makanan biasa. Anda mungkin dapat mentolerir makan kecil, makanan kecil lebih sering bayak daripada makan besar sehari.


2. Perawatan Rumah Sakit

Jika masuk rumah sakit biasanya dianjurkan apabila Anda memiliki:
1.     muntah terus menerus
2.     diare berat
3.     Perut bengkak

Sebagai tindakan pencegahan, anak-anak muda yang terserang Penyakit Tipes juga dapat dirawat di rumah sakit.
Anda akan diberikan suntikan antibiotik dan Anda juga dapat di infus sehingga Anda dapat diberikan cairan dan nutrisi.
Operasi juga mungkin diperlukan untuk memperbaiki komplikasi yang mengancam jiwa yang berkembang, seperti perdarahan internal atau jika bagian dari sistem pencernaan pecah. Namun, hal ini sangat jarang terjadi pada orang yang diobati dengan antibiotik.

Kebanyakan orang merespon dengan baik untuk perawatan rumah sakit, dan meningkatkan dalam waktu tiga sampai lima hari. Namun, mungkin beberapa minggu sampai Anda cukup sehat untuk meninggalkan rumah sakit.

Kambuh

Sekitar 1 dari 20 orang yang dirawat untuk pengalaman Penyakit Tipes kambuh. Gejala biasanya kembali sekitar satu minggu setelah pengobatan antibiotik selesai.
Gejala yang kambuh biasanya ringan dan terakhir untuk jumlah waktu yang lebih lama daripada penyakit pertama, tetapi perawatan lebih lanjut dengan antibiotik biasanya dianjurkan. Hubungi dokter Anda secepat mungkin jika gejala Anda kembali setelah perawatan.


Pengobatan jangka panjang

Setelah gejala Anda sudah berlalu, Anda harus memiliki tes lain untuk memeriksa apakah masih ada bakteri Salmonella typhi dalam tinja Anda. Jika ada, itu berarti bahwa Anda adalah seorang pembawa Penyakit Tipes dan Anda akan perlu selama 28 hari pengobatan antibiotik lebih lanjut untuk mengeluarkan bakteri.

Sampai hasil tes menunjukkan bahwa Anda bebas dari bakteri, menghindari penanganan atau menyiapkan makanan. Hal ini juga sangat penting bahwa Anda harus mencuci tangan dengan bersih setelah beraktifitas.

0 komentar:

Poskan Komentar